Sabtu, 05 Maret 2016

Cinderlila; Tentang dan Cara Apply Visa Korea Selatan

Sabtu, 5 Maret 2016.

Berhubung malam ini gak ada kerjaan, gak mood nonton drama—hidup gue dua mingguan ini udah penuh drama, cuma sendirian di kosan dan kemarin baru aja lega selega-leganya karna visa Korea akhirnya approved. Gue memutuskan buat sedikit sharing tentang pengalaman tentang visa Korea yang sungguh bikin sakit kepala dari beberapa bulan lalu. Kenapa? Coba aja kalian search di google, pasti banyak banget pengalaman-pengalaman dan rumor-rumor yang bikin takut bin mules gak kelar-kelar tentang visa Korea ini. Terutama tentang saldo tabungan yang mengendap. Jadi gue akan sedikit buka-bukaan tentang hal itu.

Gue dan dua teman berencana liburan ke Negeri Oppa-Eonni bulan April mendatang. Berbekal nekat dan Airasia promo bulan Juli 2015 lalu, kita akhirnya memutuskan untuk beli tiket PP Jakarta – Kuala Lumpur – Seoul – Kuala Lumpur – Jakarta seharga 2,9juta rupiah untuk keberangkatan 15 April 2016 dan kepulangan 22 April 2016. Murah? Iya lumayan. Eits, tapi jangan salah, tiket ini belum termasuk bagasi dan meal inflight. Kalian harus menambah 515ribu rupiah sekali jalan untuk bagasi 20kg. Tapi, gue sendiri memutuskan untuk tidak membeli bagasi saat pergi.

Tadinya gue berencana untuk apply visa bulan Maret pertengahan. Tapi karna dua teman gue mau apply visa di bulan February, jadilah gue ikutan.  Karna usut punya usut, kalau kalian ke Korea bareng teman-teman/keluarga, apply lah visa kalian pada saat yang sama. Setidaknya itu bisa bikin konsulatnya berpikir, ada yang bisa back-up kalian kalau amit-amit di sana terjadi sesuatu.

Mulai February pertengahan, kami bertiga sudah mulai menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Syarat-syaratnya bisa kalian baca di web Kedutaan Korea Selatan. Berkas yang gue kumpulkan antara lain :

1. Paspor Asli
Perlu kalian tau, passport gue adalah paspor 24 halaman. Yang pas bikin sampe ada drama antara gue dan petugas imigrasi Depok. Gue kekeuh mau bikin 24 halaman karna gue mikir gak akan habis juga paspor ini dalam waktu 5 tahun. Toh menurut web imigrasi, fungsi, derajat & masa berlaku antara 24 & 48 halaman sudah sama. Yang membedakan hanya jumlah halaman & tarifnya. Tapi ketika di kantor imigrasi Depok, gue sampai diharuskan bikin surat bermaterai yang menyatakan bahwa tidak akan menuntut imigrasi Depok jika gue ditolak masuk ke suatu negara, karena kata mereka paspor itu hanya untuk TKI. Hell to the O, gue gak paham kenapa info di web Imigrasi ini gak nyampe dan gak bisa dipahami sama petugas imigrasi Depok. Negara kita gini amat ya? Sesama petugas Imigrasi aja infonya gak nyampe. Hvft. 

2. Fotocopy Halaman Depan, Halaman Yang Ada Cap Negara-Negara Dan Halaman Belakang Paspor
Paspor gue hanya berisi cap dua negara tetangga; 1 kali Malaysia dan 3 kali Singapura. Paspor teman yang lain, hanya berisi 1 negara dan yang satu lagi masih bersih tanpa cap.

3. Fotocopy Kartu Keluarga

4. Formulir Aplikasi Visa
Untuk form aplikasi ini bisa di download di web kedutaan, berisi 5 lembar, diisi dengan huruf kapital dalam Bahasa Inggris dan ditandatangani.

5. Foto Terbaru
Fotonya berukuran 3,5 x 4,5 berlatar putih dengan wajah yang terlihat jelas. Jika kalian berhijab, usahakan hijab kalian tidak menutupi alis ya. Di tempel di formulir aplikasi visanya.

6. Surat Jaminan Dari Kantor
Surat ini gue buat berbahasa Inggris yang intinya menjelaskan bahwa benar gue adalah karyawan di perusahaan tersebut, perusahaan sudah tau gue berniat mengambil cuti untuk berlibur ke Korea Selatan dan akan menjamin gue tidak akan mencari pekerjaan di sana. Surat ini ditujukan untuk Head of Section Consulate Visa Section The Embassy of South Korea. Jangan lupa dengan kop surat dan cap perusahaan ya. Surat ini bisa digantikan surat pengangkatan jika kalian berstatus pegawai negeri—itu yang dipakai oleh salah satu teman gue saat apply visa. Jika kalian belum bekerja, kalian bisa mengganti surat ini dengan surat jaminan dari orang tua kalian, bisa ditandatangani di atas meterai.

7. Slip Gaji
Slip gaji asli tiga bulan terakhir. Slip gaji gue ada yang gajinya masih prorate karena gue baru pindah kerja. Jadi kalau denger kalian harus bekerja minimal 1 tahun di perusahaan, gak usah takut. Saat apply, gue baru 3 bulan bekerja di perusahaan sekarang.

8. Fotocopy SIUP
Bisa kalian minta ke HRD atau bagian legal di perusahaan kalian bekerja. Bilang aja untuk keperluan apply visa.

9. Print SPT 2014 & Tanda Terima E-Filling
Berhubung bukti potong untuk SPT 2015 belum keluar dan gue belum bisa lapor pajak, jadi gue pakai SPT 2014. Saat itu gue udah lapor pajak menggunakan E-Filling, jadi SPT nya bisa kalian print dari web e-filling. Dan gue juga menyertakan email tanda terima E-Filling.

10. Fotocopy Kartu Jamsostek
Kalau sekarang sih sebutannya BPJS Ketenagakerjaan, bisa kalian copy kartunya. ini gak wajib karena teman gue lainnya tidak punya. Tapi kalau kalian punya, bisa disertakan.

11. Surat Referensi Bank
Surat ini bisa kalian minta ke bank, bilang saja untuk keperluan visa. Gue sendiri pakai Bank BCA. Saat itu gue datang langsung ke kantor cabang pembuka rekening, tapi menurut Customer Servicenya, bisa dilakukan di cabang manapun tapi ada waktu tunggu paling lambat 3 hari dengan biaya 50ribu rupiah yang akan dipotong langsung dari tabungan kita. Jangan lupa membawa KTP, ATM dan buku tabungan. Disurat itu bisa kalian pilih mau dinyatakan nominal tabungan kita atau tidak. Dan gue memilih untuk menyatakan nominal tabungan. FYI, nominalnya adalah nominal pada tanggal kalian mengajukan. Teman gue yang lain, ada yang menggunakan BNI & Mandiri. Syaratnya sih sama, hanya waktu dan biayanya saja yang berbeda. Di Mandiri jadi hari itu juga dengan biaya 100ribu rupiah dan BNI jadi keesokan harinya dengan biaya 200ribu rupiah.

12. Rekening Koran
Nah ini nih yang bikin banyak drama. Drama tentang rekening koran ini udah bermula dari bulan November. Karena jika kami berencana apply bulan February, kami diharuskan untuk memiliki rekening koran bulan November, Desember dan January dengan saldo yang cantik. Sedangkan saat itu saldo gue di bulan November jelek sejelek-jeleknya. Gue emang udah bekerja tapi dengan status lagi kuliah dengan biaya sendiri, nabung adalah hal yang berat buat gue. Hiks. Tapi, senangnya salah satu teman yang ikut berangkat, berbaik hati meminjamkan saldonya untuk mengendap di rekening gue sementara mulai bulan Desember—ini bisa jadi jalan keluar buat kalian yang saldonya gak seberapa kayak gue. Tapi tetap aja itu gak serta merta bikin jumlah tabungan gue jadi 50juta seperti yang travel agent wajibkan—gue pernah telpon Panorama & Dwidaya, keduanya mengharuskan saldo mengendap minimal 50juta selama tiga bulan. 

Di bulan Desember & January saldo gue masih belum juga menjadi 2 digit di depan, baru di bulan February akhirnya bisa mengendap sebanyak 10juta koma sedikit. Pada saat cetak rekening koran, di bank gue meminta dicetakan rekening koran bulan November, Desember dan January. February belum bisa dicetak saat itu karena masih bulan berjalan. Jadi gue menyiasati dengan mencetak sendiri dari internet banking lalu meminta pengesahan dari Bank BCA. Ketika apply nya, yang gue lampirkan hanya bulan Desember, January dan February (hanya sampai tanggal 19) tapi tetap membawa rekening koran November jaga-jaga pihak keduataan meminta. Untuk dua teman gue yang lain, saldo di rekening mereka juga hanya berkisar 13juta – 16juta rupiah. Jadi jangan percaya kalau travel agent bilang saldo mengendapnya minimal 50juta. Karna ini Korea Selatan we are talking about, yang sama-sama masih Asia. Mungkin beda hal kalau kalian apply visa Eropa, Amerika atau Australia.

13. Asuransi Perjalanan
Ini sebenarnya gak ada dipersyaratan kedutaan, cuma gue lampirkan sebagai bukti gue serius untuk pergi berwisata ke negara mereka dan tidak akan menyusahkan negara mereka jika amit-amit terjadi suatu hal. Asuransi yang gue beli yaitu Axa Smart Traveller sebesar 300ribuan. Dua teman gue lainnya tidak menyertakan asuransi.

14. Fotocopy ID Card Kantor
Gue sendiri tidak menyertakan ini, dua teman gue lainnya menyertakan.

Setelah semua berkas lengkap, kami bertiga datang ke Kedutaan pada hari Jumat, 26 February 2016. Kami sampai jam setengah 9 dengan nomor antrian 11. Dan jam 9 kami sudah dipanggil untuk menyertakan ketiga berkasnya. Setelah diperiksa, tidak ada berkas yang kurang, kami membayar sebesar 560ribu rupiah untuk satu orang untuk visa kunjungan single. Setelahnya kami diberi bukti pembayaran dan diberi tau perkiraan tanggal jadi yaitu 4 Maret 2016. Kami pulang dengan harap-harap cemas yang lebih kepasrah disetujui atau tidak disetujui sampai tanggal 4 Maret tiba.

Sebelumnya kami diberi tau untuk menelpon terlebih dulu tanggal 4 Maret diatas pukul 10 untuk menanyakan bagaimana status visa kami. Tapi jam 10 kami diberi tau bahwa visa masih proses dan bisa menelpon lagi jam 2 siang. Karena penasaran, akhirnya jam 1 kurang 15 gue memutuskan untuk mengecek melalui web Visa status visa kami. Daaaaaannnnnnnn yeeeaaaaayyyyyy!! Pihak Kedutaan Korea Selatan sepertinya membaca surat yang gue pernah tulis dalam rangka #30HariMenulisSuratCinta awal February lalu—oke gak usah dibahas lagi tentang surat surat cinta apalah itu daripada hidup gue drama lagi. Yang penting adalah visa kami bertiga approved!!! Jam 2 gue menelpon kedutaan untuk menanyakan apakah visa sudah bisa diambil, ternyata sudah bisa diambil dari jam 2 – 4 sore.

Korea Selatan,
See you soon~~~ wish us have a safe flight and have a fun trip—dan ketemu Oppa kesukaan kami—ya!

Salam,
Dalila.

Ps: Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin meminta contoh pengisian formulir aplikasi dan contoh surat jaminan kantor, tinggalkan saja email kalian. Akan gue kirimkan contohnya.


Update:
Sesuai dengan pengumuman yang tertera pada web kedutaan Korea Selatan, ada tiga perubahan yaitu:
1. Per tanggal 17 Oktober 2016, SPT dan rekening koran tabungan 3 bulan terakhir beserta surat referensi bank menjadi wajib untuk disertakan. Jika tidak memiliki SPT, harus melampirkan surat pernyataan yang menjelaskan alasan tidak memiliki SPT.
2. Per tanggal 11 Juli 2016, pengalaman mengunjungi negara OECD (seperti Jepang) tidak menjadi persyaratan mendapatkan multiple visa. 
3. Per tanggal 1 Mei 2016, meskipun telah memiliki visa Jepang, kita tidak dapat lagi mendapatkan bebas visa transit di Korea Selatan selama 30 hari. Jika ingin mengunjungi Jepang-Korea, maka diharuskan untuk memiliki dua visa negara tersebut.
4. Per 2 Maret 2018, untuk mempersingkat waktu pengajuan maka dokumen harus disusun sesuai ketentuan di link berikut ini
5. Per April 2018, sesuai info dari kedutaan berikut ini pengajuan aplikasi visa harus dilakukan secara pribadi dan tidak bisa diwakili oleh orang lain (kecuali ada hubungan keluarga dan berpergian bersama) Jika kalian tidak berada di Jabodetabek atau tidak bisa datang sendiri ke Kedutaan untuk menyerahkan berkas, maka kalian WAJIB apply pengajuan visa di Travel Agent yang terdaftar dan ditunjuk oleh Kedutaan. List Travel Agent yang ditunjuk dapat dilihat di sini
6. Per 9 April 2018, Kedutaan mengubah cara pembayaran pengajuan visa. Jika sebelumnya, pembayaran hanya by cash di loket pada saat pengajuan, mulai 9 April pembayaran pengajuan visa hanya dapat dilakukan di KEB Hana Bank sesuai info dari Kedutaan berikut ini


Note:
Teman-teman yang sudah membaca postingan ini dan ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung mengirimkan pesan ke email berikut ini. Dikarenakan saya khawatir tidak dapat mengecek kolom komentar. Mohon maaf kepada semuanya yang sudah bertanya di kolom komentar tetapi tidak kunjung saya respon dan baru hari ini (08 April 2018) saya log-in ke blog ini lagi. Terima kasih! 

82 komentar:

  1. Hi Dalila thank you buat sharingnya... Aku juga ada rencana untuk ke Korea untuk akhir April-awal Mei tahun ini. Dan deg2an masalah VISA. Boleh tolong bantu gimana cara ngisinya dan apa aja yang mesti disiapin? apakah kalian pake itinerary juga? email ke aku ya holystrawberry404@gmail.com

    Thank you very much~ <3

    BalasHapus
  2. Hi mba. Thanks ya buat sharingnya. Saya juga mau bikin visa ke korea n rencana apply senin besok. Tapi sampe sekarang msh bingung ngisi form visanya. Klo boleh aku mau liat contoh form mba kmrn ya... Sklian liat itinerary jg kalau ada. Thank youuuu

    Email aku :
    Khairunnisa_rizkiani@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Khairunnisa
      Saya sudah beberapa kali mencoba mengirim pesan ke email kamu tapi selalu gagal :( gimana visanya?

      Hapus
  3. Mba, izin untuk posting pengalamannya ya terkait paspor 24 halaman dapat visa ke Korea Selatan.

    Saya akan post di https://www.facebook.com/notes/backpacker-dunia/paspor-24-halaman/10152354684129678

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      mohon maaf telat merespon. Silahkan :)
      terima kasih telah berkunjung

      Hapus
    2. Hi, ini tulisan terbaru saya tentang paspor 24 halaman. http://cinderlila.blogspot.co.id/2016/09/cinderlila-dan-paspor-tki.html

      Hapus
  4. hai mba, saya rencana mau bikin paspor yg 24 halaman. mau memastikan saja untuk ke korea tidak masalah kan dgn paspor itu?

    saya jg mau minta contoh pengisian form dan surat pengajuan kantor ke email shanty.kusnungdyah@gmail.com.
    Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      maaf telat merespon. untuk pengisian form sudah saya email, untuk surat pengajuan kantor apa maksudnya surat rekomendasi dari kantor?

      Hapus
  5. Hai mba Cinderlila ,
    Boleh minta contoh pengisian form aplikasi visa ya, email saya: u_reesza@yahoo.com
    Untuk bukti SPT yang dimaksud itu berarti bukti pelaporan SPT ya, bukti potong pajak nya gak perlu?
    Trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Maaf baru membalas. Sudah saya email ya untuk pengisian form aplikasinya. Untuk SPT iya bukti lapor SPT nya juga copy SPTnya, bukti potong gak usah dilampirkan.

      Hapus
    2. Halo mba cinderlilaa, saya mau tanya untuk masalah SPT. Kebetulan sy kerja di kantor jd memang gaji sdh terpotong dgn sendirinya. Saya hanya perlu melapor ke staff pajak. Dan setelah melapor, kertas yg berisi angka2 jumlah pajak itu di ambil dan di ganti dengan surat bukti bahwa saya telah melaporkan SPT tersebut (ibaratnya semacam kwitansi lah) resmi dari staff pajaknya. Yang di kumpulkan hanya kwitansi tersebut atau perlu surat2 angka pajaknya juga kah?

      Hapus
    3. Hi! Yang dilampirkan yaitu SPT nya (yang berisi perhitungan) dan bukti lapor pajak. Biasanya sebelum dilaporkan, SPT nya dicopy terlebih dulu.

      Hapus
  6. Hai Kak Dalila, thanks bgt artikelnya sangat menghibur kagalauan ku krn deg- degan mau ngajuin Visa. kalau kak Dalila gak keberatan boleh di share gak contoh pengisian form pengajuan visa nya? takut salah- salah isi soalnya hehehe.
    email aku qnyusa@ymail.com
    thanks bgt kak =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, maaf baru merespon. sudah saya email ya.. terima kasih sudah berkunjung. good luck untuk pengajuan visanya!

      Hapus
  7. Bagaimana jika ga mempunyai slip gaji? Cz gaji saya PNS berasal dari rekening pemda yg langsung ditransfer ke BPD.. Dan kami mengambil pakai butab dan atm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa diminta dibuatkan Surat Keterangan Penghasilan. Teman saya yg bersamaan mengajukan visa jg seorang PNS, seingat saya dia menggunakan itu...

      Hapus
  8. Bagaimana jika tidak memiliki slip gaji cz saya PNS yang mana gaji saya bersumber dari rekening pemda yg ditransfer langsung ke bpd dan kami ambil lewat tabungan dan atm.. Email saya : efit.andrian@yahoo.com

    BalasHapus
  9. Halo Dalila,
    Boleh minta contoh pengisian formnya? Thank you

    sarahmawla@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Sudah saya email ya. Terima kasih telah berkunjung

      Hapus
  10. Malam mba...saya rencana ke korea tgl 27 desember nanti nih...jadi rekening koran nya mulai kapan yak? And kalau ngajuin awal desember keburu kan yak? Mba sekalian boleh minta contoh form2 nya...and cara mengisi formnya saya mumet and deg2an nih...
    Sama kasus nya...bulan agust jeblok bngt saldonya...gegara temen saya pinjem malah ga balik2 smp skrg...*malah curcol.
    Thanks b4 ya mba...
    Alamat email saya : vievie2209@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu ingin mengajukan di awal desember, rekening koran mulai dari Sept - Nov. Proses visa saya sih 4 hari tp lebih baik buat visa 1 bulan sebelumnya takutnya masih ada dokumen yg kurang atau sedang high season. Untuk contoh pengisian visa sudah saya email ya. Thanks.

      Hapus
  11. Hi mba... mba, saya boleh minta contoh form form apa saja yang perlu di lampir kan saat pembuatan visa korea, dan ngomong2 mau tanya juga, jadi nya RK bulan November mba di minta juga gak ? saya juga bingung nih, saya rencana tanggal 27 desember 2016 ini ke korea, keburu gak ya kalau buat visa nya awal desember 2016 ?
    thanks B4 ya mba....
    oh ya. alamat email saya : vievie2209@gmail.com

    BalasHapus
  12. Kak boleh minta kirimkan contoh pengisian formnya ke email saya: dewikunthi.z@gmail.com
    Terimakasih ^^

    BalasHapus
  13. Haii kaa boleh minta contoh cara pengisian form nya gaa, dan contoh surat yg bhs Inggris untuk pembuatan visa . Di tunggu yah Ka email-nya Rahmasilfi@yahoo.com

    Terimakasih kaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sudah saya email ya. Terima kasih telah berkunjung.

      Hapus
  14. Eduardus Benyamin30 November 2016 20.35

    Hai kak, saya boleh minta contoh pengisian form pengajuan visanya. Terimakasih sebelumnya.
    Alamat email saya eduardus.benyamin93@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maaf telah merespon. Sudah saya email ya. Terima kasih sudah membaca.

      Hapus
  15. Hallo, boleh minta cth utk penulisan form visanya.. Takut" ada yg kurang atau salah isinya..terimakasih

    BalasHapus
  16. Hallo, boleh minta cth utk penulisan visa,takut ada yg salah atau kurang ke email ayuoktavia.0724@yahoo.co.id terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maaf telah merespon. Sudah saya email ya. Terima kasih sudah membaca.

      Hapus
  17. haiii, boleh minta email contoh pengisiannya dong :)
    daninote.note@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sudah saya email ya. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  18. Hi Kak, boleh di email contoh pengisian form sama contoh surat jaminan kantornya? kisecchii@yahoo.com
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sudah saya email. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  19. Hi kak, jadi aku ada rencana buat ke korea akhir tahun 2017. Nah tapi aku masih kuliah, jadi gak punya slip gaji, atau apapun itu. Solusinya gmn ya? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, sebelumnya terima kasih telah berkunjung. Jika kamu masih kuliah, kamu bisa menyertakan SPT, Rekening Koran & Surat Referensi Bank milik orang tua. Kamu juga menyertakan surat keterangan mahasiswa dari kampusmu.

      Hapus
  20. Hai, thank you udah sharing artikel nya. Aku juga ada rencana buat ke Korea sana, cuma masih agak2 was2 ngurus visa nya. Boleh diinfokan contoh pengisian formulir aplikasi dan contoh surat jaminan kantor nya? Email aku mellosub@gmail.com ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sebelumnya terima kasih sudah berkunjung.
      Sudah aku email ya :) Jika ada yg belum jelas bisa ditanyakan via email. Terima kasih.

      Hapus
  21. Kak boleh mnta contoh pengisian form dan surat bhs inggris. Terimakasih^^
    tasya.lubis12@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sebelumnya terima kasih sudah berkunjung.
      Sudah aku email ya :) Jika ada yg belum jelas bisa ditanyakan via email. Terima kasih.

      Hapus
  22. Hy ka, aku masih gak ngerti nih boleh minta dikirim ke email aku? nurul_widya42@yahoo.com thankyou ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sebelumnya terima kasih sudah berkunjung.
      Sudah aku email ya :) Jika ada yg belum jelas bisa ditanyakan via email. Terima kasih.

      Hapus
  23. Hi Dalila,

    Salam kenal. Mau tanya aja untuk yang masalah SPT.
    Yang dilampirkan itu SPT tahunan atau bukti potong PPh nya ya (bulanan) ? Atau lebih spesifik lagi 1770/1721 ? Thanks.. :) ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Sebelumnya terima kasih sudah berkunjung.
      SPT yang dilampirkan adalah SPT Tahunan Orang Pribadi beserta bukti tanda terima pelaporan SPT dari kantor pajak atau jika sudah menggunakan e-filling, email bukti pelaporannya bisa diprint. Jika ada yang ingin ditanyakan, saya dengan senang hati akan menjawab selama saya mengetahui. Terima kasih

      Hapus
  24. hay kak boleh di email contoh pengisian form aplikasi visanya kah?? ke gensikapranidhana@gmail.com
    terimakasih kak (^_^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sebelumnya terima kasih sudah berkunjung.
      Sudah aku email ya :) Jika ada yg belum jelas bisa ditanyakan via email. Terima kasih.

      Hapus
  25. Halo mbak Liaa makasih udah sharingπŸ˜€, bener2 membantu..Aku boleh minta contoh form visa dan surat bahasa inggrisnya kah mbak? Boleh diinfokan ke email realme0908@gmail.com ? Makasih sebelumnya^^

    Betewe mbak surat2 yang berurusan dengan kantor tempat kita bekerja itu kan wajib, misal kondisi aku uda resign begitu gmn mbak?πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih telah berkunjung. Sudah saya email ya. Jika sudah resign, kamu tidak perlu melampirkan surat dari kantor. Mungkin bisa diganti dengan surat pernyataan bahwa kamu sudah tidak bekerja. Dan surat jaminan kantornya, kamu bisa buat surat jaminan dari kamu sendiri di atas materai. semoga membantu.

      Hapus
  26. Mba beberapa kali baca reveiew visa korea ada yg mengharuskan pake akta lahir, sebenernya perlu ga ya? kebetulan akta saya hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya sih pengalaman dua kali apply tidak menggunakan akta. Setau saya akta diperlukan jika berpergian bersama keluarga ataupun dibiayai keluarga (ortu)

      Hapus
    2. boleh aku di kirimin juga kah? di desita.naratia@yahoo.com

      Hapus
  27. Hai, salam kenal.
    Saya jg degdeg-an nih, soalnya udah beli tiket PP untuk maret 2017, rencananya akhir januari mau apply visa.
    Mau nanya ttg SPT 21, kalo yg tahun ini belum keluar bisa pake yang tahun lalu ya? Tapi saya april tahun ini baru pindah kantor, boleh kah pake spt dr kantor lama?

    Kalau boleh saya minta contoh pengisian form visanya ya.
    Ke email pramsprames@gmail.com

    Terimakasih banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih sudah berkunjung. Untuk SPT PPh 21 bisa pakai tahun sebelumnya kok. Kasus saya juga sama, belum lapor pajak tahun berjalan jadi saya pakai SPT tahun berikutnya. Saat itu juga SPT saya untuk penghasilan kantor sebelumnya. Di SPT tidak terlihat kita berkerja dimana. Untuk formnya saya kirim melalui email ya.

      Hapus
  28. Halo, wah membantu baget infonya.. kebetulan akhir januari nanti saya mau ke korea sama temen2… tapi ya itu, degdegan mau ngurus visanya :') oiya, mba boleh mita contoh form pengajuan visanya ngga? takut salah ngisi nih hehe.. kirim ke dwitya.ningrum13@gmail.com ya mbaa.. Gomawooo ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih telah berkunjung. Sudah saya email ya. Good luck!

      Hapus
  29. Selamat pagi kak, salam kenal. Terimakasih sudah sharing pengalamannya. Kak, boleh tanya?
    1. Kalo belum pernah keluar negeri, apakah tetap diperlukan fotokopi halaman depan dan halaman belakang paspor?
    2. Saya kan kerja di bumn kak. Bisa gak ya kalo fotokopi pengangkatan sebagai pegawai tetap? Trus apa perlu juga pake SIUP dan surat jaminan dari kantor? Seumur2 blom pernah liat SIUP dari kantor
    3. Oya kak. Boleh minta tolong diemail contoh pengisian formulir aplikasi visa dan surat jaminan kantor in English? Ke : milamawaddah@gmail.com

    Terimakasih banyak kak sebelumnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Saya bantu jawab ya.
      1. Iya harus ada fotocopy nya karena itu persyaratan wajib. Dan halaman depan juga belakang passport berisi info mengenai kita.
      2. Bisa sih seharusnya. Teman saya jg memakai itu.
      3. Ok Saya email ya.
      Terima kasih.

      Hapus
  30. hai mba saya yuliana savitri, boleh tidak mba kirimkan contoh pengisian form visa, contoh spt yang mba lampirkan ketika itu dan juga surat rekomendasi kantor ke yuliana_savitri@yahoo.com, maaf yah mba permintaannya banyak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Maaf baru merespon. Sudah saya email ya :)

      Hapus
  31. Hai Kak Lila, duh aku udah baca ceritamu full sampe hari terakhir sampai penuh drama dan kebanyakan nyasarnya hahaha.

    Untuk bikin visa nih, soal saldo rekening segitu (13-16 juta) udah free? Maksudnya udah beli tiket pesawat dan biaya lainnya? Aku takut sama saldonya sih kayaknya nggak akan sampai kepala 2 juga nih Kak:((

    Terus buat travel agent yang Kak Lila pake itu apa ya? Kalo TA yang gede-gede butuh saldo min 50 juta, kapan aku bisa ke sana huhu.

    Terus buat contoh pengisian form Visa juga, boleh dikirim ke emailku nggak? Biar ada panduannya hihi. Kirim ke dwiwi29@gmail.com ya Kak.

    Terima kasih banyak:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, maaf ya baru dibalas.. Untuk dokumennya sudah dikirim by email ya. Kalau saldo rekeningnya waktu itu aku sih sudah bersih (sudah punya tiket PP) aku gak pakai TA kok karna urus sendiri gampang banget dan syaratnya gak ribet :)

      Hapus
  32. Hello mba,

    aku mau tanya dnk..

    jika misalnya alamat KTP/Passport berbeda dgn alamat tmpt tinggal sekaarang apakah menjadi kendala di kedutaan?
    dan apakah jika kita pergi bersama teman, data2 teman kita di isi di form tersebut?
    kebetulan aku udah download formnya tapi bingung cara isinya..
    bia dikirimin juga ga contoh pengisian formnya? kirim ke email : desita.naratia@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, maaf baru dibalas. Seingatku sih KTP gak diperlukan ya. Jadi harusnya sih gak ada masalah. Gak perlu, yang diisi di form jika kita berpergian bersama keluarga atau ada orang yg sponsorin trip kamu. Utk dokumennya sudah aku email ya :)

      Hapus
  33. Hello mba,

    boleh minta di kirimkan contoh pengisian form visanya ke email aku desita.naratia@yahoo.com
    soalnya aku kebingungan cara isinya... makasih

    BalasHapus
  34. Halooo mba,aku sukaaa sharingnya menarik dan bermanfaat bgttt..
    Aku berencana ke korea insya Allah bulan mei 2017,sudah beli tiket pp dan booking penginapan dan skrg lg mulai urus dokumen untuk pengajuan visa,yg aku mau tanya mba,berarti rekening koran yg disertakan dr bulan januari atau februari kl aku mau apply visa tgl 10 april 2017? Karena kebetulan saldoku bulan januari jelek bgt dan di akhir februari aku terima insentive dr kantor jd agak melonjak..
    Kalau kondisinya spt ini bgmn ya?
    Untuk skrg saldo di rekening aku relatif aman (diatas 10jt)
    Mohon pencerahannya ya mba..
    Terima kasih sebelumnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf banget ya baru dibalas. Kamu bisa kok pakai rekening koran dari Februari, Maret dan April sampai tanggal berjalan. Gapapa kalo saldo di Januari jelek, aku pun gitu kok kasusnya sama. Saldo ku baru aman di bulan ketiga malah :) Good Luck ya!

      Hapus
  35. Hai mbak, saya boleh minta contoh pengisian form pengajuan visanya. Terimakasih sebelumnya.
    Alamat email saya ipam275@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru dibalas, sudah aku email ya :)

      Hapus
  36. halo mbak, terimakasih sharingnya. Saya ipam. Mba boleh minta contoh pengisian form visa, spt mba ketika itu ke ipam275@yahoo.com
    Terimakasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  37. hai kak saya regina, boleh tidak kak kirimkan contoh pengisian form visa? emailnya : tps.regina@gmail.com. Rencana mau apply visa akhir april.. terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru dibalas, sudah aku kirim ya dokumennya :) Goodluck!

      Hapus
  38. Wwahhh bener2 ngebantu banget nih pengalamannya kak,, aku rencana mau apply visa bulan agustus tp pernah telpon agent traveling klo saldo tabungan he's diatas 30jtan nahh lohh dakdikduk hatiku nihhh,,, pas baca blog kk alhamdulillah tenang hati ni πŸ˜€πŸ˜€

    Dan aku mau minta contoh pengisian form sama refrensi Dr kantor oak supaya gak salah isi,,, thx banget ya kak
    Emailku nisapark49@gmail.com

    Ohh iya satu lagi kak,
    Klo tabungannya baru bisa menginjak 2 digit di Bulan ketiga bisa gak yahh??

    Thx sebelumnya πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  39. Halo, terima kasih sudah berkunjung. sudah aku email ya dokumennya. Untuk apply visa Korea sih ada baiknya apply sendiri aja kalau masih tinggal di Jabodetabek. Sepengalaman aku sih gak ada masalah ya, aku juga baru 2 digit di bulan ketiga. Selama data kita lengkap, benar dan tidak ada yang mencurigakan gak akan jadi masalah kok :)

    BalasHapus
  40. Hallo mbak,, saya masih bingung ttg spt pph nya. Boleh liat contoh format spt pph nya tq. Septikalegiani09@gmail.com

    BalasHapus
  41. Halo saya boleh liat form spt pph 21 nya karna saya masih bingung. Tq Septikalegiani09@gmail.com

    BalasHapus
  42. Nice post 😊 Membantu kami para traveller yg pengen ngunjungin negaranya oppa :D
    Kebetulan aq ada rencana ke korea bulan oktober. Semoga visaq bisa di-approved amin. Mbak, boleh minta contoh pengisian application form visa korea nya? Masih bingung soalnya πŸ˜‚πŸ˜‚
    Ini emailq shirasari90@gmail.com
    Thanks before mbaaak 😊

    BalasHapus
  43. Hi ka, kalo aku gak ada siup perusahaan boleh ga ya? Tp udah ada suket kerja sih. Oiya aku minta contoh pengisian form visa ya ka, ke email aku
    yunitamadea@gmail.com

    Makasih ka sebelumnya :)))

    BalasHapus
  44. Hai Mba Cinderlilaa, boleh diemailkan Mba form contoh pengisian form sama referensi kantor ke novitasari.damayanti@gmail.com, terima kasih banyak ya

    BalasHapus
  45. Hai, thanks ya sudah memberi pencerahan buat aku yang lagi down banget 2 bulan lagi mau berangkat, tapi galau takut ga diaccept visa korea nya.. btw aku sudah minta dari kantor untuk surat keterangan bekerja dari kantor tapi pake bahasa indonesia, harus bahasa inggris ya? kalau boleh aku mau dong format surat sponsor dr perusahaan berbahasa inggris,, hehehe,, email ku : omenjieun@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
  46. Halo kak. Boleh minta contoh spt pph yg kakak lampirin ke kedubes? Email aja ke aurega.ega@gmail.com ya kak.makasih

    BalasHapus

 

cinderlila's diary Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template